Penyakit Sariawan Pada Anak

Penyakit sariawan pada anak termasuk kelainan yang sebabnya belum diketahui secara jelas. Akan tetapi, faktor-faktor predisposisinya bisa ditenggarai, misalnya trauma dan alergi terhadap cabai atau nanas.

Penyakit sariawan pada anak sebenarnya dapat sembuh sekitar 10-14 hari. sariawan pada anak lebih sering disebabkan oleh daya tahan tubuh anak yang cenderung rendah, alergi terhadap suatu jenis makanan, luka saat mengunyah makanan, luka saat menyikat gigi, kurangnya asupan vitamin C yang diberikan ibu dsb.

Penyakit Sariawan Pada Anak

Penyakit Sariawan Pada Anak

Penyakit sariawan pada anak bisa disebabkan karena beberapa hal seperti dibawah ini :

  1. Stomatitis apthousa
    Sariawan jenis ini merupakan salah satu jenis sariawan yang sering terjadi pada anak dan juga bayi dan biasanya disebabkan karena tergigit, tergores oleh sikat gigi. Biasanya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit sariawan pada anak akibat penyebab diatas adalah dengan memberikan suplemen yang mengandung zinc, vitamin C, B kompleks yang bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan.
  2. Oral Trush
    Oral trush merupakan salah satu jenis penyakit sariawan pada anak yang disebabkan karena jamur Candida albicans, dan biasanya hal ini terjadi sering pada anak yang mengalami sistem daya tahan tubuh yang menurun dan sering minum antibiotik dalam jangka waktu lama lebih dari 7 hari. Serta bisa disebabkan karena kebersihan mulut anak yang kurang baik. Penyakit sariawan jenis ini bisa diobati dengan menggunakan nistatin suspensi 4 x 1 cc atau dengan genitaan violet. Ciri atau gejala yang muncul pada sariawan oral trush ini adalah lesi putih yang dasarnya berwarna merah yang terjadi akibat peradangan, dan tidak bisa dibersihkan dengan menggunakan kain kasa yang biasa, dan lokasi dari sariawan ini bukan hanya dii satu tempat saja.
  3. Stomatitis herpetic
    Jenis sariawan pada anak yang satu ini biasanya disebabkan karena virus herpes simpleks. Virus ini biasanya bisa Nada jumpau dan bisa terletak pada belakang tenggorokan. Sariawan yang munvul di tenggorokan akan muncul jika virus tadi mewabah dan mengganggu sistem daya tahan tubuh yang rendah pada anak. Dan walaupun terlihat memang sederhana, namun sariawan ini bisa menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu untuk aktivitas anak. Pemberian obat asiklovir oral sebanyak 4 x 20 mg/kg selama kurang lebih 5 hari, suplementasi dari zinc dan juga vitamin C bisa diberikan, serta pemberian parasetamol atau juga untuk ibuprofen untuk membantu mengurangi rasa nyeri.
  4. Sariawan akibat penyakit hand, foot, dan juga mouth disease. Luka pada sariawan yang muncul biasanya multiple dan juga terjadi sangat nyeri, timbul bersamaan dengan lesi pada kulit di telapak tangan dan juga pada kuku.

Dibawah ini ada cara mengobati penyakit sariawan pada anak adalah :

  1. Madu
    Pengobatan sariawan pada anak dengan menggunakan madu di lakukan dengan cara dioleskan pada bagian yang mengalami sariawan. Dan minumlah madu 3 kali dalam sehari sebanyak 2 sendok makan.
  2. Tomat
    Kandungan yang ada di dalam buah tomat adalah kandungan vitamin A, C, dan juga kandungan dari vitamin yang lainnya yang bisa dibuat sebagai obat untuk sariawan alami. Cara membuatnya adalah dengan menempelkannya langsung pada luka sariawan dengan cara dibuat menjadi jus tomat.
  3. Kemangi
    Daun kemangi ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat sariaan alami. Caranya adalah dengan mengunyah beberapa lembar daun kemangi.
  4. Air garam
    cara berkumur dengan air garam juga bisa membantu meredakan sairawan. Garam yang dicampur ke dalam air hangat dan digunakan untuk berkumur 3-4 kali dalam sehari.

Sariawan yang menyerang anak pada umumnya sama pada orang dewasa dan sering terjadi di daerah mulut dan sekitarnya. Berikut ini ramuan unutk mengatasi penyakit sariawan pada anak adalah :

Resep 1

Bahan :
Rimpang temulawak 1 jari, asam kawak 1 jari, gula aren secukupnya dan air 1 gelas.
Cara Pembuatan
Temulawak dicuci bersih, dipotong tipis-tipis, kemudian dimasukkan bersama asam dan air ke dalam wadah. Lalu, dimasak hingga mendidih selama 15 menit.
Cara pemakaian
Setelah ditambah gula aren, ramuan ini diminum 2x 1/2 gelas pada pagi dan sore hari. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Resep 2

Bahan :
50 gram jambu biji merah, kupas kulitnya dan buang bijinya, potong-potong, 200 ml air jeruk nipis.
Cara membuat
Masukkan jambu dan air jeruk ke dalam blender. Haluskan dan tuangkan ke dalam gelas sajikan.

Resep 3

Bahan :
50 gram kiwi, kupas, potong kecil, 100 ml air jeruk manis, 100 ml air matang dan 1 sendok makan madu.
Cara membuat
Haluskan semua bahan dengan blender. Tuangkan dalam gelas dan hidangkan

Itulah beberapa tips mengobati penyakit sariawan secara alami. Semoga bermanfaat untuk Anda !

 Penyakit Sariawan Pada Anak


=====================================

>>> Kapsul Herbal Sariawan Untuk Mengatasi Sariawan Terus Menerus dan Panas Dalam, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Sariawan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>