Penyakit Sariawan

Penyakit sariawan cukup sulit untuk ditangani. Selama penyebab belum dihilangkan sariawan akan terus kambuh. Obat sariawan yang tersedia di pasaran kebanyakan bersifat relief of pain atau hanya mengurangi rasa nyeri, tetapi tidak menyembuhkan sariawan sesungguhnya.

Untuk mengoptimalkan penyembuhan sariawan agar tidak kambuh terus, maka penyebab sesungguhnya harus dicari dengan mengevaluasi setiap faktor penyebab pada penderita. Setiap penderita bisa memiliki cara pengobatan yang berbeda sesuai dengan penyebabnya masing-masing.

Penyakit Sariawan

Penyakit Sariawan

Penyakit sariawan adalah penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin C, pencegahan terhadap penyakit sariawan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah-buahan.

Penyakit sariawan dengan gejala seperti bibir dan lidah pecah-pecah yang menyebabkan makan tak enak. Sariawan yang merupakan penyakit peradangan yang terjadi di sekitar bibir, gusi serta lidah. Sariawan yang terjadi di lidah umumnya muncul gejala oleh beberapa faktor di antaranya karena lidah tergigit, alergi pada makanan pedas, makanan atau minuman panas, kelainan pencernaan (buang air besar tidak teratur), kurang vitamin C, dan kurang menjaga kebersihan mulut.

Sariawan atau biasa disebut stomatitis merupakan pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut. Penyebab sariawan diakibatkan dari beberapa faktor seperti stress, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau asam. Daerah yang bisa terkena sariawan termasuk pipi, gusi, lidah, bibir serta langit-langit mulut. Selain itu sariawan juga bisa menyebabkan perdarahan, bengkak serta warna yang memerah.

Gejala utama dari penyakit sariawan, seperti rasa nyeri yang dapat berlangsung hingga 4-10 hari. Rasa nyeri tersebut akan sangat terasa dan bertambah sakit ketika sariwan tersebut tersentuh oleh makanan atau minuman yang dingin/panas, makanan pedas. sariawan dapt terjadi lebih dari satu kali bahkan berulang kali dan menjadi penyakit menahun.

Penyakit sariawan yang dapat muncul di rongga mulut dan sekitarnya dengan bintik putih dikelilingi oleh bagian yang memerah di tiap tepinya. Sariawan ada yang berukuran kecil hingga besar sehingga sangat menyiksa bagi penderitanya. Sariawan ini dapat dialami oleh semua kalangan usia dengan faktor penyebab yang cenderung sama antara anak-anak dan orang dewasa.

Penyakit sariawan pada lidah biasanya muncul karena makan-makanan yang terlalu panas dan juga akibat tergigit. Namun, penyakit sariawan ini biasanya akan bisa sembuh dengan sendirinya. Dan lamanya dari sariawan di lidah bisa berlangsung selama kurang lebih 10-14 hari. Namun, sariawan ini biasanya akan menimbulkan suatu rasa yang kurang nyaman karena akn terasa sakit dan nyeri yang bersentuhan dengan makanan. Namun, ada beberapa cara alami mengobati penyakit sariawan dilidah dengan cepat, caranya adalah Anda bisa mengonsumsi obat tablet hisap, atau juga bisa berkumur menggunakan obat kumur ABOTIL untuk sariawan. Namun, hal yang harus Anda ketahui adalah tingkat keasaman muut pada s eseorang tidak sama seperti orang lain. Dan setiap orang membutuhkan obat yang berbeda juga.

Cara mengobati penyakit sariawan di lidah dengan menggunakan daun kemangi adalah : siapkan sekitar 4-5 lembar daun kemangi, kemudian ditubuk sampai halus, dan seteah itu dicampur dengan 1 sendok teh gliserin. Oleskan pasta pada bagian yang mengalami luka.

Cara alami lainnya untuk menyembuhkan sariawan adalah menggunakan bubuk kopi. Caranya adalah ambil sediikit bubuk kopi murni yang tidak tercampur oleh apapun. Kemudian dioleskan pada bagian yang mengalami sariawan. Dibiarkan sekitar beberapa menit atau sekitar 15 menit lalu berkumurlah dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan cara alami ini sampai sembuh, sekitar 2-3 hari.

Obat alami penyakit sariawan dengan menggunakan tanaman jambu air : siapkanlah kulit batang yang masih muda sebanyak 10 gr, kemudian dicuci bersih dan setelah itu ditumbuk sampai halus. Dan setelah itu di seduh dengan menggunakan ½ gelas air matang. Saringlah dan gunakanlah air tersebut untukberkumur-kumur.

Cara mencegah penyakit sariawan dilakukan dengan :

  1. Memilih pasta gigi yang pas untuk menjaga kebersihan rongga mulut.
  2. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut bayi yang belum tumbuh gigi.
  3. Untuk anak yang mengalami sariawan, maka bebaskan anak dari konsumsi makanan nasi, sebaiknya ganti dengan menggunakan bubur bayi yang bergizi untuk membuat anak tidak mengunyah selama sementara. Karena jika mengunyah akan menimbulkan rasa sakit. Mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc, vitamin C, Vitamin B kompleks, dan zat besi.
  4. Mengonsumsi makan-makanan yang mengandung banyak cairan
  5. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran
  6. Menghindari rokok
  7. Menghindari alkohol
  8. Menghindari makanan yang terlalu asam
  9. Menghindari polusi udara
  10. dan mengonsumsi makanan yang mengandug serat tinggi.

Itulah beberaoa tips mengobati sariawan dan mencegah sariawan secara alami. Semoga bermanfaat untuk Anda, dan semoga cepat sembuh untuk penyakit sariawan Anda.

Penyakit Sariawan


=====================================

>>> Kapsul Herbal Sariawan Untuk Mengatasi Sariawan Terus Menerus dan Panas Dalam, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Sariawan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>